Kembangkan Riset Pada Perguruan Tinggi

aptisi.or.id, Tangerang – Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) meminta Perguruan Tinggi mengembangkan riset untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa, Prof Mohammad Nasir.

“Potensi laut, pertanian di negara kita sangat besar, maka coba kembangkan dengan penelitian untuk peningkatan daya saing bangsa Indonesia,” jelasnya saat memberi kuliah umum di Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh, Aceh. Minggu (5/11).

Penelitian-penelitian Perguruan Tinggi diperlukan untuk menumbuhkan inovasi dalam sektor pertanian maupun kelautan, termasuk proses penyimpanan ikan, tambahnya.

“lihat Maluku, mereka sudah bisa ekspor ikan ke Jepang, Korea, China dan Arab Saudi dalam kondisi hidup. Coba UTU kembangkan itu biar menjadi pusat riset kemaritiman. UTU saat ini punya 17 prodi dan beberapa fakultas yang cukup untuk menunjang penelitian-penelitian sektor Kelautan Perikanan dan Pertanian. Satu lagi perlu disediakan yaitu pertambangan, saya lihat belum ada.” katanya.

Nasir mengatakan, dua hal yang penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa yakni sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan Perguruan Tinggi, dan inovasi hasil riset-riset ilmiah.

“Problem bangsa Indonesia saat ini, tidak ada yang menggunakan pola untuk melahirkan lulusan berkualifikasi dan inovasi berkenaan penelitian masih terbatas. Bila menginginkan daya saing bangsa kuat, maka kedua hal itu harus kita lakukan,” katanya.

34 thoughts on “Kembangkan Riset Pada Perguruan Tinggi”

  1. memang benar, di indonesia ini sumber daya manusia yang berkualitas itu sangat sedikit, maka kita harus bisa melahirkan manusia bersumber daya yang berkualitas, untuk kemajuan indonesia

  2. Banyak mahasiswa yg menjadi lulusan biasa, tetapi lulusan yg luar biasa atau berkualitas itu sangat sedikit yg menjadi problem di Indonesia sampai saat ini

  3. Tekonilogi harus di kembangkan dengan baik. Seperti maluku yg sudah bisa ekspor ikan dengan ke adaan hidup. Kita harus semakin baik untuk daya saing yg kuat butuh kecerdasan dan pikiran yg baik untuk menantang para pesaing.

  4. Menurut saya pendapat beliau sangat tepat karena pada dasarnya perguruan tinggi harus tetap berpegang teguh pada Tri Darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain sebagai dunia pendidikan, disamping itu perguruan tinggi harus mampu meneliti, karena hal tersebut juga salah satu dari peran perguruan tinggi untuk mendukung maupun menyongsong sumber daya alam di Indonesia, agar di manfaatkan lebih baik lagi. Seperti kita ketahui bahwa sumber daya alam di Indonesia sangat beragam, namun sangat disayangkan dengan ketiadaannya atau keterbatasannya sumber manusia yang menghuni sumber daya tersebut susah di eksploitasi. Dan yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat, selain pendidikan dan penelitian, disamping itu perguruan tinggi juga harus mampu mengabdi kepada masyarakat menerapkan ilmu-ilmu kepada masyarakat dan memajukan masyarakat yang ada di daerahnya. Dikarenakan jika masyarakatnya maju maka secara otomatis daerah tersebut juga akan maju melalui masyarakat-masyarakatnya tersebut.

    Menyinggung kata-kata beliau benar sekali bahwa semua masyarakat indonesia perlu memanfaatkan sektor kemaritimnya, karena mengingaat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa kepulauan, dimana luas lautnya lebih luas daripada daratannya. Maka dari pada itu sangat diamatsayangkan jikalau kita generasi penerus tidak mampu mengelola sumber daya yang sangat luar biasa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat lagi.

  5. Penelitian-penelitian Perguruan Tinggi diperlukan untuk menumbuhkan inovasi dalam sektor pertanian maupun kelautan, termasuk proses penyimpanan ikan.

  6. Saya setuju dengan beliau karena penguruan tinggi harus memengang tri darma penguruan dan pengabdian masyarakat. Selain sebagai dunia pendidikan, seharusnya penguruan tinggi lebih mentingkatkan sumber daya manusia untuk menikatkan riset-riset ilmiah

  7. Penelitian perguruan tinggi itu hal yang penting untuk meningkatkan daya saing bangsa dan untuk menumbuhkan inovasi

  8. Saya setuju dengan pendapat Bapak Prof Mohammad Nasir. Penelitian-penelitian Perguruan Tinggi diperlukan untuk menumbuhkan inovasi dalam sektor pertanian maupun kelautan, Penelitian yang diadakan oleh Perguruan Tinggi mampu meningkatkan pembangunan Nasional. Semakin banyak inovasi hasil riset ilmiah Perguruan Tinggi, semakin meningkat daya saing bangsa, semakin meningkat pula pembangunan nasionalnya.

  9. Saya sangat setuju sekali apa kata Bpk Natsir yaitu upaya meningkatkan daya saing bangsa yakni sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan Perguruan Tinggi, dan inovasi hasil riset-riset ilmiah.

  10. Saya berpendapat dengan Bapak Prof. Mohammad Nasir. Mahasiswa memang perlu melakukan atau mengembangkan riset. Karna setiap melakukan sesuatu seperti tugas lapangan ataupun membuat laporan, kita memerlukan informasi yang cukup. dan informasi yang didapat itu melalui riset

  11. Sekarang ini, memang sudah banyak Perguruan Perguruan Tinggi atau pun Universitas yang bersaing, dan kita pun dapat menilainya dari segi akreditasi. Satu persatu Perguruan Tinggi dan Universitas itu berkembang dan menetaskan bibit bibit yang berkualitas yang menjadi generasi bangsa yang memiliki rasa Nasionalisme serta rasa kemanusiaan yang tinggi nantinya. Dan untuk kedepannya bagi para generasi penerus bangsa, mereka pun dapat bersaing secara sehat dengan bertukar pola pikir melalui sebuah penelitian

  12. saya setuju dengan Bapak Prof. Mohammad Nasir. Memang perlu kita sebagai mahasiswa mengembangkan riset yang ada karna setiap melakukan tugas lapangan kita perlu informasi yang cukup.

  13. Saya setuju dengan perkataannya , dua hal yang penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa yakni sumber daya manusia yang berkualitas yang di hasilkan perguruan tinggi.

  14. Benar apa yang dikatakan Bapak Prof. Mohammad Nasir bahwa potensi laut dan pertanian di Indonesia sangat besar. Hal itu bisa kita gunakan untuk penelitian guna meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.
    Semoga kedepannya Perguruan Tinggi Indonesia bisa melakukan inovasi dalam penelitian sehingga bisa melahirkan lulusan yang berkualifikasi/ berkualitas.

  15. Menurut saya, program dalam mengembangkan riset pada perguruan tinggi sangat perlu diadakan. Sebab, program ini bisa meningkat kan kualitas tersendiri untuk para mahasiswanya, apalagi dalam menciptakan mahasiswa/i yang berprestasi

  16. Pada dasarnya perfuruan tinggi harus tetap berpegang teguh pada Tri Dharma perguruan tingg, yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat.

    Kata-kata beliau benar sekali bahwa semua masyarakat perlu memanfaatkan sektor kemaritimnya, karena mengingat bahwa bangsa indonesia adalah bangsa kepulauan, dimana luas lautnya lebih luas daripada daratannya.

  17. Semoga penelitian Perguruan Tinggi dapat menumbuhkan inovasi dalam sektor pertanian maupun kelautan, termasuk proses penyimpanan ikan, tambahnya.

  18. Kemampuan riset perguruan tinggi di Indonesia masih tertinggal dibanding lembaga pendidikan sejenis di Malaysia dan Singapura. Pemerintah tengah mendorong perguruan tinggi di Tanah Air meningkatkan kualitas riset agar bisa bersaing dengan negara lain.Menurut Staf Ahli Bidang Akademik Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi, Paulina Pannen, pada 2016, jumlah peneliti di Indonesia sebanyak 1.071 per satu juta penduduk. Sedangkan di Malaysia dan Singapura sudah mencapai 2.590 dan 7.000 per satu juta penduduk.

  19. Dua hal yang penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa yakni sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan Perguruan Tinggi, dan inovasi hasil riset-riset ilmiah.

  20. “Problem bangsa Indonesia saat ini, tidak ada yang menggunakan pola untuk melahirkan lulusan berkualifikasi dan inovasi berkenaan penelitian masih terbatas. Bila menginginkan daya saing bangsa kuat, maka kedua hal itu harus kita lakukan,” katanya.

    sebenarnya dari pernyataan di atas, sudah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas hanya saja negara ini yang kurang mampu membiayai untuk penelitian mereka, sehingga mereka lari ke negara lain untuk melanjutkan penelitian mereka. ketika mereka berhasil dengan penelitian mereka baru indonesia bergerak, itu adalah respon yang lambat dari negara yang menginginkan lulusan yang berkualitas.

  21. Saya berpendapat dengan Prof Mohammad Nassir dengan dua hal yang penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa yakni sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan perguruan tinggi dan inovasi hasil riset-riset ilmiah semoga kita sebagai mahasiswa bisa melahirkan lulusan berkualifikasi dan inovasi

  22. Menurut saya ditambahkannya fasilitas untuk melakukan riset agar mahasiswa lebih semangat lagi dalam mengembangkannya

  23. “Problem bangsa Indonesia saat ini, tidak ada yang menggunakan pola untuk melahirkan lulusan berkualifikasi dan inovasi berkenaan penelitian masih terbatas. Bila menginginkan daya saing bangsa kuat, maka kedua hal itu harus kita lakukan,” katanya. saya sangat setuju dengan hal ini menurut saya mungkin untuk menjadikan daya saing bangsa yang kuat dengan merubah sedikit peraturan penguruan tinggi yang tegas karena adanya peraturan yang tegas ini lah kita bisa semangat dan tidak malas-malasan.

  24. Menyinggung kata-kata beliau benar sekali bahwa semua masyarakat indonesia perlu memanfaatkan sektor kemaritimnya, karena mengingaat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa kepulauan, dimana luas lautnya lebih luas daripada daratannya. Maka dari pada itu sangat diamatsayangkan jikalau kita generasi penerus tidak mampu mengelola sumber daya yang sangat luar biasa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat lagi.

  25. “Problem bangsa Indonesia saat ini, tidak ada yang menggunakan pola untuk melahirkan lulusan berkualifikasi dan inovasi berkenaan penelitian masih terbatas. Bila menginginkan daya saing bangsa kuat, maka kedua hal itu harus kita lakukan,” katanya.

    sebenarnya dari pernyataan di atas, sudah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas hanya saja negara ini yang kurang mampu membiayai untuk penelitian mereka, sehingga mereka lari ke negara lain untuk melanjutkan penelitian mereka. ketika mereka berhasil dengan penelitian mereka baru indonesia bergerak, itu adalah respon yang lambat dari negara yang menginginkan lulusan yang berkualitas.

  26. PPendapat beliau memang patut di jalankan, karena bangsa indonesia harus memiliki daya saing yang kuat terlebih lagi tanah air ini sangat akan kaya dengan tanah yang subur. Jadi saya sebagai mahasiswi sependapat dengan beliau, agar bangsa indonesia lebih baik lagi dan menjadi negara maju tidak terus menerus menjadi negara berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *