PTN dan PTS Saling Bersaing, Menristekdikti Minta Tetap Akur

aptisi.or.id, TangerangMenristekdikti mendorong Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk bersinergi demi meningkatkan daya saing bangsa. Jangan sampai antara PTN dan PTS saling bermusuhan karena merasa berbeda, Mohamad Nasir.

Nasir mengatakan banyak peluang kerja sama yang bisa dibangun antara PTN dan PTS. Misalnya dalam bidang riset, publikasi, magang dosen, pengabdian kepada masyarakat, program kreativitas mahasiswa, inkubator inovasi, pendidikan anti korupsi, dan gerakan anti radikalisme.

“Sinergi akan meningkatkan mutu Perguruan Tinggi secara lebih merata, muaranya adalah meningkatnya daya saing bangsa. PTN dan PTS itu sama, bedanya hanya sumber dana pengelolaan. PTS dengan akreditasi A sama nilainya dengan PTN dengan akreditasi A,” jelas Nasir dalam kunjungan kerjanya, Yogyakarta. Sabtu (11/11).

Selama ini banyak PTS merasa dianaktirikan pemerintah karena kurangnya bantuan dana pusat. Alhasil banyak PTS yang statusnya mati segan hidup pun tak mau. Pada kesempatan ini dia memberikan apresiasi atas perkembangan positif kualitas perguruan tinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Yogyakarta memiliki tiga PTN dengan akreditasi A yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan UIN Yogyakarta. Selain itu ada lima PTS dengan akreditasi A.

Sedangkan di Jawa Tengah ada empat PTN dengan akreditasi A yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, dan Politeknik Negeri Semarang. PTS dengan akreditasi A di Jawa Tengah ada empat PTS.

Dalam kunjungan kerja kali ini Menteri Nasir uga berkesempatan melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan gedung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pembangunan gedung ini merupakan salah satu dari proyek IDB 7 in 1. Nasir berharap agar pembangunan gedung dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

 

Sumber : https://www.jpnn.com/news/menristekdikti-minta-ptn-dan-pts-jangan-musuhan?page=2

Uncategorized

25 thoughts on “PTN dan PTS Saling Bersaing, Menristekdikti Minta Tetap Akur”

  1. Intinya mah jangan sampai ada permusuhan antara PTN dan PTS dalam bersaing, bersainglah secara sehat, kan PTN PTS sama sama memiliki niat untuk membangun generasi muda negri ini 😊

  2. Kita sebagai mahasiswa tidaklah ada persaingan antara PTN/PTS kita sama seorang Mahasiswa mungkin hanya status PTN/PTS nya saja yang membedakan, tetapi tujuan kita sama memajukan Generasi kita dijaman modern seperti ini.

  3. Semoga dengan nasihat atau anjuran Menristekdikti dapat dipatuhi oleh seluruh PTN dan PTS di Indonesia tetap akur dan saling menjaga kesatuan demi tercapai pendidikan yang baik.

  4. PTN dan PTS itu sama aja akreditasinya jadi tidak perlu untuk bermusuhan dan jangan merasa paling tersaingi karna yang lebih penting itu Pendidikan dan Sistem Belajarnya.
    Dan semoga Pemerintah menyetarakan PTS pada PTN, yang tidak ada perbedaan pada keduanya.

  5. Padahal perguruan tinggi swasta tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri, dari sisi pembelajaran dan juga fasilitas

  6. pembahasan berat ni.. ga terlalu paham isinya,
    menurut saya,daya saing memanglah menjadi hal penting dalam memenangkan kompetisi .maka dari itu didiklah diri sekeras mungkin, karena persaingan di luar sana lebih keras ..

  7. Terkadang memang terdapat diskriminasi terhadap PTS karena banyak orang yang berpendapat bahwa PTN lebih tinggi derajatnya dengan PTS namun, tidaklah demikian karena masih banyak Mahasiswa yang berprestasi tidak hanya di PTN saja.

  8. semoga PTN dan PTS dapat sama-sama menjadikan generasi bangsa yang lebih baik. karena beberapa tujuan mahasiswa setelah lulus adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai, tetapi jika tidak diimbangi dengan skill yang dimilikinya maka akan sama aja. jadi sebagus apapun perguruan tinggi tidak akan selalu mengedepankan masalah akademik maupun non-akademik dan tergantung kepada lulusannya tersebut.

  9. baik pts ataupun ptn pada hakikatnya adalah sama-sama lembaga pembangun bangsa dan tidak ada perbedaan diantara keduanya, semua itu kembali lagi kepada si mahasiswa bagaimana ia akan bertindak,

  10. menurut saya PTN & PTS itu harus akur karena perguruan tinggi ini penting untuk mendidik generasi mendatang supaya mendapat ilmu yang lebih tinggi dan mengajari untuk bersosialisasi/memotivasi terhadap sesama juga supaya bisa melakukan persaingan dunia yang keras ini dengan baik tanpa menjatuhkan siapapun.

  11. Intinya jangan sampai ada permusuhan antara PTN dan PTS dalam bersaing,tapi kalau bersaing dengan secara sehat boleh-boleh aja asalakn jangan tidak sehat karena PTN dan PTS sama-sama memiliki niat untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju lagi dan lebih baik lagi..

  12. Pendidikan adalah hal yang sangat penting, Dengan ilmu kita dapat menghadapi kehidupan yang bersaing. Tidak masalah kita berkuliah di PTS atau PTN. Yang penting kita dapat membangun niat yang bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu untuk mengapai cita-cita kita dimasa depan..

  13. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harus terus bersinergi demi meningkatkan daya saing bangsa

  14. Kita seharusnya bersatu untuk sama-sama memajukan negara ini bukan malah bersaing karena beda merk, antar PTN dan PTS karena tujuannya sama untuk membangun SDM indonesia yang lebih berkualitas agar bangsa kita tidak kalah saing, karena dengan bersatunya kita maka kita bisa saling bertukar pikiran dan menciptakan sebuah ide-ide yang cemerlang untuk kemajuan bangsa dan tanah air kita.

  15. PTN dan PTS di Indonesia harus sama-sama saling membangun ke arah yang lebih baik seperti meningkatkan mutu pendidikannya seperti Akreditasnya. Dan juga Sinergi akan meningkatkan mutu Perguruan Tinggi secara lebih merata, muaranya adalah meningkatnya daya saing bangsa. PTN dan PTS itu sama, bedanya hanya sumber dana pengelolaan.

  16. Pendidikan adalah suatu modal dasar kemajuan suatu bangsa Bila kita lihat sejarah bagaimana perkembangan bangsa-bangsa yang saat ini dikatakan negara maju, sebenarnya dasar utama adalah pendidikan. Bila kita kita bicara pendidkan memang tidak bisa kita pungkiri memerlukan dana yang besar tidak sedikit. Untuk menyiapkan sarana prasarana saja tidak sedikit.

  17. menurut saya si memang ketat karena lulusan sma/smk kebayakan memilih perguruan tinggi negeri dari pada perguruan swasta

  18. Benar, Menurut saya PTN dan PTS sama saja tinggal bagaimana mahasiswa/mahasiswi nya yg menjalankan, bagaimana mahasiswa tersebut memanfaatkan peluang-peluang yang ada, yang membedakan PTN dan PTS hanya sumber dana pengelolaan nya saja.

  19. perbedaan sering mengacu pada pertikaian namun disamping itu tetap satu tujuan kan.
    bersainglah secara sehat agar apa yg di tuju tercapai..

  20. initi dari pembahasan diatas tidak ada perbedaan atara PTS dan PTN karna sama-untuk menimba ilimu dan walaupun PTS jika akriditasi nya A sama seperti PTN dengan akriditasi A . Jadi tidak ada perbedaan

  21. Dalam artikel yang saya baca diatas.
    menurut saya sendiri persaingan diatas sangat luar biasa dalam kompetisi. maka dari itu kita harus siap dan rajin belajar untuk mengahadapi persaingan yang sangat keras.

  22. Memang diharuskannya PTS dan PTN itu terjalin kerja sama dalam bidang bidang riset, publikasi, magang dosen, pengabdian kepada masyarakat, program kreativitas mahasiswa, inkubator inovasi, pendidikan anti korupsi, dan gerakan anti radikalisme. Dengan tujuan memajukan bangsa, meskipun terdapat persaingan itu bukan berarti saling memecah belah antara keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *