Perguruan Tinggi Terancam Bangkrut Akibat Pendidikan Online

Pendidikan online akan menjadi pilihan pendidikan yang efektif, dan membuat pendidikan dengan model bisnis tradisional tertinggal. (Foto : inponsel.co.id)

aptisi.or.id, Tangerang – Dalam buku terbarunya Clayton Christensen ‘The Innovative University‘, dan penulis terkenal lainnya Henry Eyring menganalisa masa depan perguruan tinggi, dan menyimpulkan bahwa pendidikan online akan menjadi pilihan pendidikan yang efektif, dan membuat pendidikan dengan model bisnis tradisional tertinggal.

Christensen dengan gamblang memprediksi 50 persen dari 4.000 perguruan tinggi di AS akan bangkrut dalam 10 hingga 15 tahun yang akan datang. Pendapat itu pun diamini Departemen Pendidikan AS dan proyek Moody’s Investros Service.  

Meski demikian, Christensen memberi catatan bahwa satu hal yang tak bisa digantikan oleh pendidikan online yakni peran dosen. Dalam penelitiannya, ia menemukan alumni yang sukses memberi banyak bantuan atau donasi ke kampusnya karena dosen atau pelatih yang dulu mengajar. 

Apa kabar dengan Indonesia? Najeela Shihab, pendiri sekolah Cikal, mengatakan pendidikan online berpotensi menggeser ruang kelas dalam pendidikan konvensional. Ini terjadi, jika dunia pendidikan tidak adaptif terhadap perubahan dunia dan perubahan cara belajar, kata dia. 

“Indonesia memungkinkan untuk pendidikan online tapi tidak untuk semua aspek pendidikan,” katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (23/11). 

Ia menjabarkan, pada praktiknya pengajaran bisa didapat dari berbagai sumber tidak hanya daring atau luring, tak hanya guru atau tutor online. Jika bicara pendidikan hanya soal skill dan informasi, mungkin tidak masalah jika online lebih banyak digunakan. Akan tetapi, bicara soal karakter atau nilai dan kompetensi, maka teladan juga magang yang intens tetap penting, kata Najeela.

“Jadi sebetulnya bukan soal online atau offline. Semua pendidikan sebetulnya butuh kombinasi,” tambahnya. 

Perpaduan online dan konvensional ini demi efektifitas pendidikan. Ada aspek yang memang efektif dengan online, ada pula yang efektif lewat offline atau tatap muka. Sisi positif bisa didapat dari keduanya, tapi dengan catatan guru dan murid bisa mengoptimalkan teknologi. 

Di lain hal, pendidikan online bisa jadi tantangan di Indonesia. Pendidikan online bicara soal teknologi dan sebenarnya tidak ada efek negatif secara langsung yang disebabkan oleh teknologi. Menurut Najeela, efek negatif muncul karena pengguna alat tidak siap. 

“Karena tingkat literasi di Indonesia cenderung rendah, sementara di dunia digital informasi membludak. Jadi ini tantangan. Bisa juga karena dalam pendidikan tidak terbiasa disiplin diri dan motivasi belajar internal. Saat pendidikan dengan teknologi perlu motivasi kuat dan komitmen, orang banyak yang tidak selesai. ” ucapnya. 

Jika ingin menerapkan pendidikan online, sebaiknya bukan sekadar memindah materi offline ke platform digital. Proses belajar dan jenis materi perlu disesuaikan. Indonesia, seringkali tidak siap dengan materi sehingga kurang mudah dipahami dan kurang menyenangkan, tambah Najeela. 

“Infrastruktur belajar dengan teknologi itu bukan cuma soal bandwith atau komputer canggih, tapi justru subyek penggunanya,” sambungnya.

 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171124184341-282-257912/pendidikan-online-berpotensi bikin-bangkrut-perguruan-tinggi/

42 thoughts on “Perguruan Tinggi Terancam Bangkrut Akibat Pendidikan Online”

  1. Perpaduan online dan konvensional ini demi efektifitas pendidikan. Ada aspek yang memang efektif dengan online, ada pula yang efektif lewat offline atau tatap muka. Sisi positif bisa didapat dari keduanya, tapi dengan catatan guru dan murid bisa mengoptimalkan teknologi. Jika ingin menerapkan pendidikan online, sebaiknya bukan sekadar memindah materi offline ke platform digital. Proses belajar dan jenis materi perlu disesuaikan juga.

  2. pendidikan online bisa jadi tantangan di Indonesia. Pendidikan online bicara soal teknologi dan sebenarnya tidak ada efek negatif secara langsung yang disebabkan oleh teknologi
    maka dari itu pendidikan online bukan sebab nya bangkrut perguruan tinggi yang ada di indonesia

  3. saya lebih suka pengajaran yang bertatap muka langsung, karna bisa langsung bertanya dan langsung mendapat jawabannya tanpa perlu menunggu..

    1. Saya setuju dengan Indah Sari Pratiwi, hal yang terpenting dalam pengajaran adalah bertatap muka langsung karena kita dapat berkomunikasi melalui ekspresi atau pendapat maupun bertanya secara langsung jika tidak ada yang dimengerti. Dan kita juga dapat mempelajari hal lainnya seperti berorganisasi di dalam kelas serta menjalin pertemanan dengan bertanya satu sama lain (diskusi) mengenai tugas yang telah diberikan oleh pengajar.

  4. Baik pendidikan biasa ataupun online memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, jadi harus di per-tanggungjawabkan sendiri agar pembelajaran tetap berjalan lancar dan tidak memberikan efek negatif, terutama pada pelajar itu sendiri

  5. Dengan adanya pendidikan secara online cukup menarik. Tetapi hasil pendidikan secara online sudah jelas hasilnya sangat berbeda dengan mengerjar pendidikan di perguruan tinggi dan di bimbing oleh dosen.

  6. Bukan soal online atau offlinenya saja, sebenarnya pendidikan itu perlu dikombinasikan. jadi bukan hanya butuh skill dan informasi saja, tetapi pembangunan karakter yang membutuhkan peran dosen di sini juga sangat penting

  7. Mungkin dengan adanya pendidikan secara online lebih memudahkan mahasiswa/i dalam segi waktu tanpa harus datang ke kampus, tetapi disayangkan tidak bisa bertatap muka secara langsung atau berinteraksi langsung antar mahasiswa dengan dosen dan sulit untuk memahami.Bagaimana pun pendidikan harus ada perguruan tinggi dengan diimbangi pendidikan online agar tidak terlalu gaptek untuk kedepannya.

  8. Perguruan Tinggi tidak akan terancam bangkrut jika Perguruan Tinggi mampu meningkatkan cara belajar dan mengajar, kegiatan belajar mengajar juga akan lebih efektif jika ada interaktif dari mahasiswa dan dosen.

  9. Pendidikan online maupun pendidikan biasa memiliki keunggulan yang sama hanya saja yang membedakan cara pengajarannya dan biaya serta alatnya pendidikan online pasti lebih mahal dibandingkan dengan pendidikan offline .

  10. Dengan adanya pendidikan online memang sangat memudahkan bagi mahasiswa, tetapi dilain sisi juga berdampak negatif seperti kebanyakan mahasiswa menyalah gunakan sistem online tersebut untuk bermain game, atau membuka situs- situs yang dilarang.Dan pendidikan online juga membuat mahasiswa jadi lebih individualisme karna tak perlu keluar rumah pun bisa untuk menuntut ilmu. Hal itu sangat miris sekali, tetapi banyak juga dampak positifnya seperti kita lebih mudah mencari materi di internet, dan mencari teman juga di internet.

  11. Saya setuju dengan ucapan Najela jika pendidikan beralih ke online pasti banyak Mahasiswa yang tidak bisa bersikap baik dan fikiran yang positif ke pada org lain karena kurangnya Pengajaran tata tertib atau wawasan yang Luas tentang Etika dan perilaku

  12. Menurut saya bukannya Perguruan tinggi itu akan bangkrut malah akan lebih efisien dan dipermudah dalam pendidikan Online. Asal Perguruan tersebut telah mengikuti era di zaman globalisasi ini. Pasti tidak akan sulit untuk mengikuti nya.

  13. Teknologi informasi mengalami kemajuan yg begitu pesat, dengan internet ini kita sangat mudah dalam mengakses hal hal yg positif contohnya dengan pendidikan yg sekarang ini dengan pembelajaran online

  14. menurut pendapat saya , saya sangat setuju dalam buku terbarunya Clayton Christensen. yang menyimpulkan bahwa pendidikan perguruan tinggi sangat efektif. selain karena sekarang adalah zaman era globalisasi yang serba teknologi tetapi juga bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak

  15. Saya sependapat dengan Najeela. “Jadi sebetulnya bukan soal online atau offline. Semua pendidikan sebetulnya butuh kombinasi,” Perpaduan online dan konvensional ini demi efektifitas pendidikan. Ada aspek yang memang efektif dengan online, ada pula yang efektif lewat offline atau tatap muka. Semua akan baik jika dilakukan dengan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan, karena ada pembelajaran yang dapat efektif menggunakan metode online tetapi ada pula yang lebih efektif dengan metode offline atau bertatap langsung antara dosen dan mahasiswa.

  16. Menurut saya seharusnya pendidikan online itu sudah bagus, tergantung bagaimana penggunaannya. Sejauh ini belum ada berita yang mengatakan bahwa ada sebuah atau beberapa perguruan tinggi yang bangkrut karena sistem online, justru mereka terbantu dengan adanya sistem tersebut

  17. Karena jika ingin menerapkan pendidikan online, seharusnya bukan sekedar memindah materi offline ke digital.
    seharusnya proses belajar dan jenis materi perlu disesuaikan.
    karena semua pendidikan seharusnya butuh penerapan dan ada pula yang efektif dengan lewat offline atau tatap muka.

  18. Betul di jaman yang serba canggih pendidikan konvensional sering kali di tinggalkan secara perlahan dan di gantikan dengan sistem pendidikan online tetapi di Indonesia sendiri masih harus menggunakan pendidikan konvensional karna jika menggunakan sistem pendidikan online kita/murid tidak dapat bimbingan secara langsung oleh guru agar materi yang di sampaikan lebih mudah di mengerti dan apabila harus menggunakan sistem pendidikan secara online perlu adanya pemikiran dan kesungguhan dari pemerintah yang ada di Indonesia. Dan segala resiko yang dihadapin harus di pikirkan matang-matang jika tidak program pendidikan online tidak berjalan dengan baik.

  19. Sistem Online atau Offline adalah perpaduan yang bagus bila dimanfaatkan dengan baik, karna tidak semua mahasiswa setuju dengan sistem tersebut dan hanya mengikuti perkembangan jaman saja

  20. saya setuju dengan Najwa bahwa “Indonesia memungkinkan untuk pendidikan online tapi tidak untuk semua aspek pendidikan,” pendidikan online pun berdampak sangat baik bagi pembelajaran zaman sekarang, namun balik lagi kepada tadi, pendidikan online tidak untuk semua aspek pendidikan, jadi pendidikan offline pun atau tatap muka masi diperlukan

  21. saya sejutu dengan pendapat najeela sihab bahwa“Jadi sebetulnya bukan soal online atau offline. Semua pendidikan sebetulnya butuh kombinasi ” perpaduan online dan konvensional ini demi efektifitas pendidikan ada aspek yang memang efektif dengan online dan juga yang efektif dengan offline atau tatap muka jika keduanya di lakukan dengan seimbang sisi positifnya dapat di dapatkan karena ada pembeljaran yg aktif dengan online maupun offline jika di lakukan dengan baik .

  22. sebenarnya online sangat memberi kemudahan dalam mencari informasi dan sangat berpengaruh besar jika ada mahasiswa yang tidak masuk(absen)dikarenakan ada kepentingan yang mendesak. mahasiswa tersebut bisa belajar memcari infomasi apa saja yang di bahas oleh dosen tersebut dan juga sistem online pun bisa mengerjakan tugas yang dosen kasih ke mahasiswa dimana saja tidak hanya di rumah.contoh nya seperti di halte,caffe,bis dll

  23. pada praktiknya pengajaran bisa didapat dari berbagai sumber tidak hanya daring atau luring, tak hanya guru atau tutor online. Jika bicara pendidikan hanya soal skill dan informasi, mungkin tidak masalah jika online lebih banyak digunakan. Akan tetapi, bicara soal karakter atau nilai dan kompetensi, maka teladan juga magang yang intens tetap penting, Jadi sebetulnya bukan soal online atau offline. Semua pendidikan sebetulnya butuh kombinasi,

  24. Dengan adanya kemajuan sistem pembelajaran online sebaiknya diwujudkan suatu perubahan pergerakan dari masing2 perguruan tinggi dalam suatu pembimbingan terhadap dosen dengan pembelajar agar menemukan suatu integritas dan kerjasamayang terjalin guna untuk kemajuan pendidikan yang ada.

  25. Saya setuju apa yang dikatakan oleh Najeela. Untuk pendidikan online di Indonesia perlu di pikirkan lebih matang, agar terlaksana dengan baik sesuai apa yang diharapkan.

  26. setuju sekali dengan artikel diatas , indonesia mungkin memang butuh sesuatu yang berbeda daripada hanya materi ofline yang dubah menjadi online karena itu hanya membuat mahasiswa menjadi malas mencatat dan membaca, mungkin perkuliahan ofline lebih efektif dan baik untuk saat ini

  27. Dengan adanya kemajuan sistem pembelajaran online sebaiknya di wujudkan suatu perubahan pergerakan dr masing2 perguruan tinggi swasta dalam suatu pembimbingan

  28. Dengan adanya pendidikan online memang sangat memudahkan bagi mahasiswa. Tetapi dilain sisi juga berdampak negatif seperti kebanyakan mahasiswa menyalah gunakan sistem online tersebut untuk bermain game, atau membuka situs-situs yang dilarang. Dan pendidikan online juga membuat mahasiswa jadi lebih individualisme karna tak perlu keluar rumah pun bisa untuk menuntut ilmu, hal itu sangat miris sekali, tetapi banyak juga dampak positifnya seperti kita lebih mudah mencari materi di internet, dan mencari teman juga di internet

  29. Memang sistem pembelajaran online mempermudah mahasiswa untuk mengerjakan tugas kapan saja dan dimana saja . dengan online juga memicu agar mahasisa lebih produktif dibidang IT. Tetapi, mahasiswa juga perlu dibimbing secara langsung agar materi yang disampaikan lebih mudah di pahami.

  30. Baik online maupun offline sebenarnya baik baik saja asalkan keduanya dikombinasikan, untuk online memang tugas sangat mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan kertas lagi. Sedangkan untuk offline sebaiknya metode ini dilakukan pada saat menjelaskan teori karena lebih efektif dibandingkan online.
    Saya berharap dengan ke2 metode ini dapat memajukan pendidikan di perguruan tinggi

  31. menurut saya pendidikan online harus di kurangi agar perguruan tinggi indonesia tidak terancam bangkrut dan APTISI harus berpartisipasi dengan adanya pendidikan online tersebut.

  32. pendidikan online membatu kita dalam menjaga bumi kita, terutama hutan dimana kita tak lagi memerlukan kertas untuk mengerjakan tugas.

  33. Memang benar sistem pendidikan online sangat bagus, sangat membantu, tapi disamping itu kita tetap jangan melupakan Pergurun Tinggi.. Dan saya harap, pemerintah tidak usah menggantikan Perguruan Tinggi dengan sistem pendidikan online..

  34. Dengan adanya sistem pendidikan berbasis online menurut saya mempermudah segala sesuatu yang menyangkut dalam pendidikan,dan jangan lupa menyesuaikan dengan proses pembelajaran tersbut

  35. Perpaduan online dan konvensional ini demi efektifitas pendidikan. Ada aspek yang memang efektif dengan online, ada pula yang efektif lewat offline atau tatap muka. Jadi keduanya pun sama-sama punya aspek sisi positifnya dalam pembelajarannya.

  36. Karena jika ingin menerapkan pendidikan online, seharusnya bukan sekedar memindah materi offline ke digital.
    seharusnya proses belajar dan jenis materi perlu disesuaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *