Pernyataan APTISI Terkait Penerimaan Calon Pegawai PT Angkasa Pura I (Persero)

aptisi.or.id, TangerangBerhubungan dengan surat pengumuman No. Peng. PAN 01/KP 01/2018-B yang dikeluarkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) tentang Penerimaan Pegawai. Setelah dipelajari lebih lanjut, APTISI menyatakan “Keberatan” dengan isi dari pengumuman penerimaan pegawai tersebut, dengan mendapatkan fakta sebagai berikut:

  1. Semua Prodi di PTS juga telah melakukan akreditasi BAN-PT, sebagian telah Akreditasi Internasional dan sertifikasi ISO serta beberapa juga masuk rangking Internasional.
  2. PTS juga memiliki keunggulan komparatif di bidangnya, beberapa e-commerce dengan level Unicom (Leading) telah dimiliki dan dikelola oleh Alumnus dari PTS.
  3. Beberapa PTS memiiki reputasi di bidang Robot dan Kecerdasan buatan yang diakui secara Internasional melalui berbagai Penghargaan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir.
  4. Beberapa Politeknik Swasta telah menyediakan tenaga kerja dengan sekala High level industries untuk perusahaan yang sahamnya termasuk Blue Chip dan diakui secara Internasional. Contoh: Perusahaan automotif yang hasilnya diekspor ke berbagai negara.
  5. Sekolah Tinggi dan Akademi Swasta bahkan beberapa memiliki Hak Paten atas Intelektual Right di bidang IT untuk jangka waktu 25 tahun.
  6. Untuk Program Studi Bidang Bisnis, Hukum, Akuntansi juga memiliki reputasi yang bagus.

Kesuksesan alumni Perguruan Tinggi adalah tergantung bagaimana Perkembangan Diri para alumni PTS. Namun, PTS selalu mengedepankan kebaikan demi kualitas, maka praktek Diskriminasi dalam penerimaan karyawan hanya untuk Perguruan Tinggi tertentu sangat Tidak Relevan dan bertentangan dengan Pancasila dan UUD-RI.

Dengan pernyataan keberatan tersebut, APTISI memohon PT. Persero Angkasa Pura I (BUMN) untuk segera menarik surat penerimaan pegawai tersebut dan mulai memberlakukan alumni Perguruan Tinggi secara Equal (setara) sesama anak Negeri.

Sehubungan dengan ini, kami lampirkan surat pernyataan sebagai berikut:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *