Probosutedjo, Pendiri Universitas Mercu Buana Tutup Usia

aptisi.or.id, JakartaKabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia. Adik kandung mantan Presiden Soeharto yang juga pendiri Universitas Mercu Buana, Probosutedjo meninggal dunia pada Senin (26/3/2018) pagi, pukul 07:00 di RS Cipto Mangun Kusomo, Jakarta Pusat. Lelaki kelahiran Bantul pada 87 tahun silam ini sempat dirawat di rumah sakit beberapa hari kemarin.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Sekjen Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang melalui pesan singkatnya kepada wartawan.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pribadi dan keluarga besar Partai Berkarya turut berdukacita atas wafatnya H. Probosutedjo, adik dari alm HM Soeharto dan bapak mertua Andre Lantang K,” ujar Badarudin.

Menurut Badarudin, jenazah Probosutedjo disemayamkan di rumah duka, Jalan Diponegoro Nomor 20, Jakarta Pusat, hingga pukul 12.00. Jenazah akan diterbangkan ke Yogyakarta siang ini dan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kemusuk.

“Sebelumnya disemayamkan di Dalem Probosuteja, daerah Ngasem, Yogyakarta,” katanya.

Selama ini Probosutedjo dikenal sebagai pengusaha Indonesia yang sukses. Direktur Utama PT. Menara Hutan Buana ini adalah sosok yang peduli dengan pendidikan Indonesia, hingga dia (Probosutedjo) mendirikan Universitas Mercu Buana. Selain itu, Probosutedjo juga salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia. Kabarnya, Probosutedjo rencananya akan dibawa ke rumah duka di Jalan Diponegoro, dan akan dimakamkan di tanah kelahirannya, Yogjakarta.

Probosutedjo menghabiskan banyak waktu dan energi, juga kekayaan pribadinya, untuk membantu yang kurang beruntung. Selain membangun dua universitas, yakni Universitas Mercu Buana, berlokasi di Jakarta Barat, dan Universitas Wangsa Menggala (kini juga berubah menjadi menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta), yang terletak di kota kelahirannya, Yogyakarta. Dia telah membantu dalam membangun sekolah dasar dan menengah, masjid, dan bahkan mensponsori siswa berbakat untuk melanjutkan studi mereka di institut pendidikan tinggi.

Menurutnya, dengan membangun sekolah dan universitas dia dapat langsung meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini.

Sumber : DISINI 

1 Comment Posted

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*