Dok Humas Pemda DIY

PTN dan PTS Harus Bersinergi Dalam Misi Memajukan Bangsa

aptisi.or.id, Tangerang – Musyawarah Wilayah ke 4 ABPPTSI (Asosiasi Badan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta) DIY dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X yang digelar pada hari Senin (9/4/2018) di Hotel Grand Inna Malioboro.

Pada sambutannya, beliau mengatakan keberadaan lembaga pendidikan sangat dibutuhkan guna mewujudkan misi mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pendidikan itu masalah tekad bangsa. Upaya suatu bangsa akan survive dimasa mendatang, sangat tergantung pada bangsa tersebut menangani dunia pendidikannya,” kata Wagub.

Lebih lanjut, Wagub DIY menerangkan bahwa kualitas pendidikan nasional memiliki kaitan secara langsung dengan keberadaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Hal ini tidak terlepas dari fakta jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang secara kuantitas jauh lebih sedikit dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Baik PTN maupun PTS diharapkaan dapat saling bersinergi untuk membangun pola pendidikan Indonesia yang sesuai dengan amanat konstitusi kita, PTS pun diharapkan tidak mengutamakan unsur komersial semata dalam pengelolaannya, tambah Wagub.

Selain itu, agar penyelenggara PTS di DIY tetap dapat menjaga mutu dan kualitas pendidikannya.

Dan dalam hal tersebutlah ABPPTSI diharapkan mampu untuk menentukan standar minimal yang harus dipenuhi sebuah PTS.

“Dengan demikian, kualitas PTS bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan, nahkan bisa bersaing dengan PTN maupun Perguruan Tinggi LN,” pungkas Wakil Gubernur DIY.

 

Sumber : DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*