APTISI Sambut Baik Kedatangan Dosen Asing ke Indonesia

aptisi.or.id, Tangerang – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) menyambut baik Peraturan Presiden (Perpres) terkait kemudahan kerja bagi tenaga kerja asing (TKA) yang dapat memungkinkan dosen asing menjadi pegawai tetap di perguruan tinggi. Dosen asing tersebut, diharapkan mampu memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di Indonesia.

Ketua APTISI Budi Djatmiko menyebut, lima tahun yang lalu APTISI telah mengusulkan agar dosen asing diberi izin untuk menjadi pengajar tetap di perguruan tinggi di Indonesia.

Ya, betul kita akan kedatangan dosen asing, dan itu permintaan sudah lima tahun lalu kami usulkan. Alhamdulillah sudah ada respon dari kemenristekdikti untuk membuka kran tersebut,” pernyataan Budi, Selasa (10/4).

Walaupun demikian, dia menganjurkan, agar dosen asing yang nantinya mengajar di perguruan tinggi wajib memahami budaya Indonesia. Dia pun meminta, agar semua dosen diperlakukan sama, tidak ‘pilih kasih’.

Budi Djatmiko memberi pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan dengan tujuan sebagai angka pembagi rasion antara dosen dan mahasiswa.

Sebelumnya, Mohamad Nasir selaku Menteri Ristekdikti mengatakan, dengan adanya peraturan presiden (Perpres) terkait kemudahan kerja bagi tenaga kerja asing (TKA) maka dosen asing pun bisa mengajar secara tetap di universitas dalam negeri. Mereka tidak lagi menjadi dosen tamu yang selama ini berlaku bagi para pengajar dari luar negeri.

“Dosen tetap, untuk stay di sini, artinya bisa stay 2-3 tahun kaya di luar negeri,” kata Nasir di Komplek Istana, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing, setiap pemberi kerja wajib mengutamakan penggunaan tenaga kerja Indonesia pada semua jenis jabatan yang tersedia.

 

Sumber : DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*