5 Makna Sederhana Kemerdekaan Indonesia ke – 74

Hari kemerdekaan sudah tinggal menghitung hari. Tepatnya tanggal 17 Agustus di tahun 2019 ini, Indonesia genap berusia 74 tahun. Bukan waktu yang sebentar untuk menjadi seperti sekarang ini. Banyak perubahan-perubahan yang tentunya sudah semakin berkembang seiring zaman. Biasanya, Hari Kemerdekaan diisi oleh berbagai macam kegiatan seperti perlombaan, dan tentunya yang paling sakral adalah upacara bendera.

Tapi, dibalik semua kegiatan tersebut sesungguhnya ada makna dari hari kemerdekaan itu sendiri. Bukan hanya ikut merayakan, tapi beberapa hal ini dapat kamu renungkan. Berikut ini adalah 5 makna sederhana kemerdekaan Indonesia, simak penjelasannya yuk!

1. Menjadi dewasa juga termasuk kemerdekaan diri sendiri

Banyak yang tidak menyadari, menjadi dewasa adalah hal yang alamiah. Usia bukan lagi patokan untuk menjadi dewasa. Banyak yang usia nya sudah cukup matang, tapi memang belum cukup dewasa dalam bersikap. Dewasa sendiri diartikan sebagai sudah mampu menerima dan menghadapi kenyataan hidup secara bijaksana dan terarah. Maka dari itu, menjadi dewasa adalah salah satu bentuk merdeka dalam diri seseorang. Selamat buat kalian yang sudah berhasil memerdekakan diri ya.

2. Keluar dari zona nyaman

Menurut kalian apa sih yang membuat kalian bertahan dengan yang kalian jalani saat ini? Sudah pernah coba untuk keluar dari kegiatan yang sudah membuat kalian nyaman itu belum? Kalau belum, cobalah untuk mencari kegiatan baru yang tentunya lebih menantang. Selain pengalaman baru, tapi itu juga membangkitkan semangat kalian juga menghilangkan rasa bosan.

3. Dapat berdamai dengan masa lalu

Setiap orang pasti pernah punya masa lalu yang baik atau buruk. Tapi pasti masa lalu yang buruk mempunyai kenangan pahit. Maka dari itu, berdamai dengannya adalah salah satu bentuk keihklasan diri untuk bebas dari bayang-bayang masa lalu yang kelam. Setiap orang juga masing-masing punya caranya sendiri dalam menyelesaikan masalahnya.

4. Mampu memberikan manage waktu yang baik pada diri sendiri

Semakin dewasa kita akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan dan aktifitas yang banyak menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Tentunya kita harus pandai memilih mana kegiatan yang harus lebih dulu diselesaikan. Mampu memberi manage waktu yang baik  juga termasuk bentuk tanggung jawab kepada diri sendiri.

5. Membuang ego dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Seringkali kita sibuk dengan kegiatan masing-masing. Sehingga sering melupakan orang-orang terdekat, padahal semangat dan dukungan dari mereka juga sangat berpengaruh terhadap karir atau pendidikan kita. Maka dari itu, sebagai mahluk sosial, kita harus membuang ego dan mulai lebih melihat keadaan sekitar.

Itulah beberapa makna sederhana yang dapat kita petik dari hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini. Karena kita sebagai warga negara yang baik, harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu untuk merdeka. Dengan demikian, kita baru bisa merasakan arti Kemerdekaan itu sendiri.

About Kartika Trissanti 6 Articles
A Head Full of Dreams

1 Comment Posted

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*