Persiapkan Do’a Terbaik Pada Tanggal 9 Dzulhijjah, Waktu Mustajabah Untuk Berdo’a

Tangerang, aptisi.or.id – Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah jatuh tepat pada Hari Jum’t tanggal 31 Juli 2020. Ini merupakan hari besar bagi umat beragama Islam di seluruh dunia.

Selain itu, ada beberapa keutaman di Bulan Dzulhijjah. Terutama pada tanggal 9 Dzulhijjah (30 Juli 2020). Karena pada tanggal tersebut, adalah waktu yang sangat baik sekali untuk berdo’a. Mengapa demikian?

Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi no. 3585)

Jadi dengan demikian, do’a apapun sangat baik jika dipanjatkan pada waktu tersebut.

Selain itu, keutamaan berpuasa di hari Arafah menurut hadits adalah “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Selain puasa Arafah, umat Islam juga dianjukan untuk berpuasa pada tanggal 8 Dzulhijjah (29 Juli 2020) yaitu Puasa Sunnah Tarwiyah.

Selain itu ada beberapa kebaikan lainnya. Di malam hari menjelang Idul Adha (10 Dzulhijjah, tanggal 31 Juli 2020) kita dihadapkan dengan waktu Mustajabah untuk berdo’a, yaitu

1. Malam Idul Adha

2. Hari Jum’at

3. Waktu sepertiga malam

Manfaatkanlah ketiga waktu ini untuk berdo’a. Karena tiada hari yang lebih baik untuk berdo’a selain pada hari Arafah.

Banyak cara menuju mulia. Berkurban adalah salah satunya. Sisihkan rejeki untuk berbagi bersama. Semoga kita senantiasa mendapatkan berkah
Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

About Kartika Trissanti 62 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*