Siap Bersaing di Era Global Genap 15 Tahun, UMMI Terus Berkarya

aptisi.or.id, Jakarta – Menginjak usianya ke-15 tahun, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) terus fokus berkarya untuk meningkatkan prestasi.

Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang diraih, dari tahun ke tahun.

Bahkan miladnya ke-15 pada 13 Juni 2018 berdasarkan hasil pemeringkatan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi swasta (PTS), universitas ini menduduki peringkat ke-363 dari 3.626 PTN/PTS se-Indonesia.

Rektor UMMI Sakti Alamsyah kepada Radar Sukabumi mengatakan, di usianya yang genap 15 tahun UMMI siap mengayunkan langkah di era global.

“Kami yakin apabila upaya-upaya tersebut terus dilaksanakan dengan baik, maka apa yang menjadi cita-cita kampus sebagai universitas yang unggul dalam keislaman akan terwujud,”tutur Sakti.

Ia optimis, mahasiswa dan lulusannya dengan kepribadian Islam akan menjadi nyata yang pada akhirnya tercipta kader-kader bangsa yang berkarakter baik. Sehingga kewibawaan kampus turut terangkat.

UMMI merupakan salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan tinggi yang berdiri di Sukabumi sejak 13 Juni 2003

. Di rentang waktu yang masih tergolong singkat ini, UMMI mampu membangun sinergitas internal dan eksternal kampus.
“Kekuatan yang dimiliki internal institusi UMMI memiliki 21 Program Studi (Prodi),”ujarnya.

Terdiri dari tiga program diploma III (D3), 17 program sarjana dan satu program magister.

“Selain itu, UMMI juga memiliki 21 prodi yang telah terakreditasi “B” berjumlah 13 prodi, sisanya sedang dalam proses akreditasi menuju B,”ulasnya.

Dirinya berterimakasih pada civitas akademika UMMI yang menunjukkan kerja sama yang baik, serta bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan visi kampus sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam keilmuan dan keislaman.

“Ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya perlu kami sampaikan kepada para pendiri dan pimpinan pendahulu kami yang telah merintis jalan, sehingga memudahkan dalam melaksanakan tugas,” ucapnya.

Masih kata Sakti, penguatan lain terlihat di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Kini UMMI telah memiliki 14 doktor dari berbagai bidang ilmu dan sebanyak 25 orang dosennya sedang mengikuti studi lanjut program doktor, di dalam maupun luar negeri.

Disamping itu, secara konsisten setiap tahun pihak kampus mengirimkan 21 dosen dari 21 prodi, untuk mengikuti studi program doktor.

Peningkatan lain dapat dilihat dari perbaikan dan penambahan sarana fisik yakni sarana kelas, laboratorium, mesjid, sarana olah raga dan foodcourt yang semuanya berada di lingkungan kampus UMMI.

“Alhamdulillah pada saat ini UMMI sedang melakukan pembangunan penambahan ruang belajar, mohon doa semoga lancar,”pintanya.

Selain kekuatan tadi, lanjut Sakti, beberapa perkembangan penting lain adalah UMMI dalam menjalankan catur dharma telah didukung oleh perpustakaan yang telah terakreditasi unggul A.

“UMMI dapat berkembang dengan pesat dikarenakan berpedoman kepada visi unggul dalam keilmuan dan keislaman, misi, tujuan dan sasaran yang tepat dan diimplementasdikan dalam catur dharma perguruan tinggi,”imbuhnya.

Salah satu misi Ummi untuk memperluas jaringan adalah melakukan kerjasama di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Realisasi kerjasama tingkat lokal dan nasional dilakukan dengan pemerintah di tingkat kota, kabupaten,provinsi, perguruan tinggi, instansi pemerintah/swasta, media massa serta berbagai organisasi profesi dan kemasyarakatan.

“Kerjasama internasional telah terjalin dengan perguruan tinggi internasional, kedutaan besar dan korporat di Thailand serta Wali Kota Taiwan melalui Taipei Economic and Trade Organization,”tambahnya.

Untuk Kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Internasional telah di implementasikan melalui aktivitas nyata seperti pelaksanaan KKN-PPL internasional di Thailand dan di University Technology Malaysia, Magang di KBRI Thailand, Sit in di KUIS Malaysia, Studi banding dengan UUM Malaysia dan short course di Taiwan.

“Kerjasama-kerjasama yang dibangun merupakan upaya UMMI dalam meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu dan relevansi pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi yang tentu saja akan berimbas pula pada peningkatan daya saing lulusan,”

 

Sumber : Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*