Pelaksanaan “Seminar Mencegah Borang Plagiat” di Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya

aptisi.or.id, Jakarta – APTISI Pusat menyelenggarakan Seminar Borang Plagiat di Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya di Kampus Untag Surabaya pada 18 September 2018.

Dalam beberapa sesi pembicara, baik dari BAN-PT, APTISI Pusat serta Best practise dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A, maka dapat disimpulkan bahwa, kreativitas dari team atau individu yang mengisi borang sangat diutamakan, baik untuk akreditasi Institusi maupun program studi.

Sehingga kemungkinan persamaan dengan pihak lain akan terhindar termasuk perbedaan yang signifikan dari 2 atau 3 atau lebih program studi pada sebuah Sekolah Tinggi/Institute/Universitas.
Direkomendasikan mempergunakan software original dan menghindari pemakaian kata yang sama kecuali kata baku atau nama.persamaan beberapa kata akan terindikasi plagiat oleh software pendeteksi.

Software pendeteksi dapat dimiliki dari yang mulai gratis sampai yang berbayar. Itulah kecerdasan buatan yang ada pada komputer, software dan handphone yang dapat memanggil kalimat dari beberapa kata yang kita pakai dari hasil copy paste. Meskipun tidak terlihat copy paste di borang yang kita isi, tetapi software pendeteksi plagiat dapat membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*