Mengharumkan Nama Bangsa Indonesia : Inilah 4 Pesawat Yang Pernah Diciptakan Oleh B.J Habibie

Tangerang, aptisi.or.id – Presiden RI ke 3, BJ Habibie selama hidupnya telah menorehkan berbagai macam prestasi. Salah satunya adalah menciptakan teknologi kendaraan udara atau pesawat terbang. Beberapa karyanya terbukti telah mengharumkan namanya dimata dunia. Perannya sangat besar sekali dalam kemajuan teknologi, khusunya di Indonesia. Bahkan, ia dijuluki sebagai bapak pembangunan. Lalu, apa sajakah Pesawat yang pernah diciptakan oleh BJ Habibie? Dan bahkan ia sendiri merupakan sosok dibalik suksesnya karya anak bangsa. Simak penjelasannya dibawah ini,

1) N-250

Pesawat yang dimaksud adalah N-250 Gatotkaca yang terbang perdana pada 10 Agustus 1995. Burung besi ini diciptakan oleh BJ Habibie sebagai pesawat komersil yang kala itu dirancang oleh PT Dirgantara Indonesia.

Perlu diketahui, nama ‘N’ ini sendiri diambil dari kata Nusantara. Penamaan tersebut tak terlepas dari perancangan, proses produksi, serta perhitungannya dilakukan di dalam negeri.

2) R80

Kemahiran BJ Habibie dalam membuat pesawat dapat terlihat dari keberadaan R80. Tak seperti pesawat pada umumnya, pesawat satu ini dilengkapi teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

3) Dornier Do 31

BJ Habibie juga turut terlibat dalam terlahirnya pesawat Do 31 yang merupakan jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat yang dibangun oleh Dornier. Ini merupakan pesawat transportasi berbaling-baling tetap pertama yang mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal.

4) C-130 Hercules

Peran bapak teknologi ini pun ikut mendesain pesawat angkut militer TRANSALL C-130. Pesawat tempur dengan empat turboprop sayap tinggi berfungsi sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan di banyak bagian belahan dunia. Bahkan, pesawat ini memungkinkan lepas landas dan mendarat di runway yang pendek.


visitor counter

About Kartika Trissanti 11 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*