1 Juni 2020 Hari Lahir Pancasila, Beginilah Sejarahnya

Tangerang, aptisi.or.id – Mengapa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila? Mari kita kembali belajar mengenai sejarahnya. Dikutip dari laman Wikipedia, Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai yang dalam Bahasa Indonesia berarti Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1955. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Sehingga tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016.

Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila tahun 2020! Selamat hari pancasila. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, Hidup Indonesia!

hit counter

About Kartika Trissanti 58 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*