Surat Usulan Pengunduran MUNAS VI Ke Bulan Febuari 2021

Sehubungan dengan masih berlangsungnya Pandemi Covid-19 di Indonesia, maka sejumlah penyelenggaraan acara yang mengundang banyak orang atau perkumpulan menjadi ditiadakan selama tahun 2020 ini. Hal ini juga berlaku kepada Acara MUNAS (Musyawarah Nasional) ke – 6. Pengunduran waktu ini juga dikarenakan kondisi yang belum memungkinkan untuk melanjutkan acara. Karena ini demi kepentingan bersama, maka acara MUNAS ke-6 juga akan ditangguhkan ke Bulan Febuari 2021 mendatang.

Hal ini berdasarkan Surat Edaran nomor 004/Panitia/OC/MUNAS-VI/III/2020. Dalam surat ini, disampaikan beberapa hal. Selengkapnya bisa disimak dibawah ini.

Mengawali surat ini, kami mengucapkan terima kasih kepada APTISI Pusat atas kepercayaannya kepada APTISI Wil IVA (Jabar) dan APTISI Wil IVB (Banten) untuk menjadi Panitia Musyawarah Nasional Ke-6 APTISI, sebagaimana yang telah diputuskan dalam RPPP APTISI di Surabaya pada Bulan Pebruari tahun 2020 yang lalu.

Selanjutnya, kami sudah mencoba untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan guna mempersiapkan MUNAS Ke-6 APTISI tersebut. Namun ada beberapa situasi dan kondisi eksternal yang menjadi hambatan bagi panitia, sebagai berikut :

1. Situasi Pandemik Covid-19 hingga bulan Agustus ini belum menunjukan tanda-tanda mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kesulitan dan terhambatnya koordinasi panitia dengan berbagai instansi dan lembaga terkait terutama yang berhubungan dengan masalah perijinan penyelenggaraan. Hingga saat ini kami belum mendapatkan kepastian mengenai ijin penyelenggaraan MUNAS Ke-6 APTISI.
2. Meskipun di beberapa sektor pelayanan publik sudah melonggarkan PSBB dengan tetap memberlakukan protocol kesehatan, namun untuk penyelenggaraan kegiatan yang lingkupnya Nasional, belum ada kebijakan yang eksplisit. Situasi yang tidak pasti tersebut, menyebabkan panitia mengalami kesulitan untuk mematangkan perencanaan yang terkait dengan akomodasi bagi peserta (Hotel, Transportasi, dll).
3. Sebagai dampak dari wabah Covid-19, secara umum hampir semua PTS dan dunia usaha sedang mengalami situasi finansial yang relatif sulit. Kondisi tersebut menyebabkan panitia menghadapi kesulitan dalam penggalangan dana untuk membiayai operasional kegiatan seperti sumbangan, sponsorship, dana kontribusi kegiatan, dan lainnya.
4. Merujuk pada surat APTISI Nomor 101 tanggal 13 April 2020, pada point ke-4 disebutkan : “…Waktu penyelenggaraan acara Musywarah nasional (MUNAS) Ke-6 APTISI ditangguhkan sampai bulan Oktober 2020 atau situasi telah membaik dan status darurat nasional sudah dicabut oleh Pemerintah Indonesia.” Selanjutnya dalam surat tersebut pada point ke-5 disebutkan : “Namun jika ternyata di Bulan Oktober 2020 belum juga mereda wabah covid-19, maka akan segera diputuskan oleh Rapat APTISI Pusat dan APTISI Wilayah apa yang akan dilakukan”. Berdasarkan dictum tersebut, dimungkinkan bagi kami untuk mengajukan permohonan pengunduran waktu pelaksanaan MUNAS Ke-6 APTISI.
5. Mengingat berbagai situasi dan kondisi seperti yang telah diuraikan diatas, melalui surat ini kami bermaksud untuk menyampaikan Permohonan Penangguhan/Pengunduran Waktu Pelaksanaan MUNAS Ke-6 APTISI sampai Bulan Pebruari tahun 2021.
6. Namun demikian, keputusan akhir mengenai permohonan pengunduran waktu pelaksanaan MUNAS ke-6 APTISI ini, kami serahkan sepenuhnya kepada kebijakan APTISI PUSAT, dan kami siap untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian, kerjasama dan kebijaksanaanya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Berikut ini dilampirkan Surat Edaran dalam bentuk PDF


hit counter

About Kartika Trissanti 69 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*