Dengan SAPTO Akreditasi Lebih Mudah

aptisiorid.wpengine.com, Tangerang – Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) adalah sistem yang diselenggarakan oleh BAN-PT untuk proses akreditasi Perguruan Tinggi secara online. Sistem ini dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi Perguruan Tinggi. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh Perguruan Tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor.

Dalam SAPTO, Perguruan Tinggi (PT) memiliki peran sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS). Setiap Perguruan Tinggi akan diberikan 1 (satu) akun menggunakan kode Perguruan Tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Akun tersebut digunakan untuk mengajukan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi yang berada Perguruan Tinggi tersebut.

Dengan SAPTO, Perguruan Tinggi dapat mengajukan usulan dua jenis akreditasi. Jenis yang pertama adalah Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), sedangkan yang kedua adalah Akreditasi Program Studi (APS). Untuk mengajukan usulan akreditasi Perguruan Tinggi, pengusul Perguruan Tinggi dapat mengakses halaman pengajuan pada menu “Ajukan Akreditasi PT”. Dan untuk mengajukan usulan akreditasi program studi, pengusul Perguruan Tinggi dapat mengakses halaman pengajuan pada menu “Ajukan Akreditasi Prodi”.

Penjelasan menggunakan SAPTO, dijelaskan sebagai berikut :

  1.  Cara Mendapatkan Username dan Password Berdasarkan Panduan Menggunakan SAPTO yang dikeluarkan BAN-PT, setiap Perguruan Tinggi akan mendapatkan akses dengan username kode perguruan tinggi yang terdaftar pada PD-Dikti. Contoh: kode PT Universitas Indonesia adalah: 001002. Untuk mendapatkan password, perguruan tinggi mesti mengirimkan surat pengajuan resmi ke BAN-PT yang berisi permintaan untuk mendapatkan akses menggunakan SAPTO dengan memberikan data alamat surel (e-mail) resmi untuk korespondensi dengan BAN-PT dan pejabat penanggung jawab akun tersebut. Setelah menerima surat pengajuan, BAN-PT akan mengaktifkan akun tersebut dan Perguruan Tinggi dapat membuat password baru dengan menggunakan menu “Lupa password?” pada SAPTO.

    Untuk membuat password baru, perguruan tinggi memasukkan e-mail yang sudah didaftarkan dan menekan tombol “Kirimkan Instruksi Penggantian Password”. SAPTO akan mengirimkan e-mail yang berisi tautan untuk mengganti password. Untuk mengganti password silahkan klik tautan yang diberikan pada pesan e-mail tersebut. Password baru dapat dibuat dengan memasukkan password berikut konfirmasinya dan menekan tombol “Simpan Password Baru”.

  2. Unduh Usulan AkreditasiSetiap pengajuan usulan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), pengusul harus melampirkan dokumen berikut:
    1. Surat Pengantar dari Pimpinan Institusi
    2. Surat Pernyataan
    3. Buku III (Borang Institusi)
    4. Lampiran Borang Institusi (hanya yang diwajibkan dalam Buku III)
    5. Evaluasi Diri
    6. Borang Data Kuantitatif (sesuai template BAN-PT)

    Kelengkapan dokumen untuk pengajuan Akreditasi Program Studi (APS) adalah sebagai berikut.

    1. Surat Pengantar dari Pimpinan Institusi
    2. Surat Pernyataan
    3. Buku IIIA (Borang Program Studi)
    4. Lampiran Borang Program Studi (hanya yang diwajibkan dalam Buku IIIA)
    5. Buku IIIB (Borang Unit Pengelola Program Studi)
    6. Lampiran Borang Unit Pengelola Program Studi (hanya yang diwajibkan dalam Buku IIIB)
    7. Evaluasi Diri
    8. Borang Data Kuantitatif (sesuai template BAN-PT). Borang data kuantitatif dapat diunduh pada menu “Unduh Template Borang”.

Format yang digunakan untuk borang data kuantitatif adalah format Microsoft Excel (ekstensi berkas: xslx). Sedangkan untuk persyaratan yang lain, format yang digunakan adalah Portable Document Format (ekstensi berkas: pdf).

Pada dasarnya SAPTO dan BAN-PT akan memeriksa dokumen yang diunggah ketika mengajukan usulan akreditasi. Jika dokumen yang diunggah tidak sesuai format yang ditentukan, usulan akreditasi akan ditolak. Untuk borang data kuantitatif (format berkas excel), SAPTO akan membaca setiap isi tabel pada berkas excel. Jika berkas yang diunggah tidak sesuai format yang diberikan pada template, SAPTO secara otomatis akan menolak dan memberikan pesan kesalahan. 

Info lebih lanjut mengenai SAPTO, kunjungi link berikut : sapto.banpt.or.id

Sumber : http://sevima.com/cara-menggunakan-sapto/

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*