Foto by : http://pontianak.tribunnews.com

PTS Di Kalimantan Diharapkan Tingkatkan Akreditasi

aptisi.or.id, Jakarta – Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) yang berkoordinasi melalui Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah-XI berikan Bimbingan Teknik Pembuatan Dokumen Akreditasi Institusi dan Prodi bagi perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis-XI, pada Selasa (17/7/2018).

Acara tersebut diselenggarakan agar PTS yang terakreditasi C dapat dibantu untuk menaikkan menjadi minimal B. Kegaiatan yang dilakukan yaitu mendiskusikan pemaparan materi dan berdiskusi bersama narasumber yang berpengalaman dan telah membawa institusinya meriah akreditasi A.

Saat diwawancarai, koordinator kopertis wilayah-XI Prof. Dr. Ir. H. Idiannor Mahyudin, M.Si, berharap semua PTS yang ada di Kalimantan agar segera mungkin untuk melengkapi seluruh dokumen untuk menuju akreditasi B.

“Hari ini kan ada acara bimtek PTS yang ada di-Kalimantan, harapannya adalah agar mereka-mereka yang masih C ini, segera untuk melengkapi dokumen menuju akreditasi B. Karena bagaimanapun akreditasi adalah indikator sebuah moto perguruan tinggi,” katanya, pada Selasa lalu.

Karena menurut Prof Idiannor, jika PTS yang masih terakreditasi C, ditakutkan tidak masuk dalam pilihan bagi masyarakat, walaupun PTS tersebut menjamin bahwa kualitas yang ada di perguruan tingginya itu bagus, tapi fakta yang terjadi saat ini masyarakat akan merasa ragu jika mengetahui akreditasi di suatu perguruan tinggi tersebut masih C.

Oleh sebabnya Prof Idiannor meminta para perwakilan PTS yang hadir ataupun pimpinan perguruan tinggi yang hadir, untuk benar-benar memanfaatkan acara ini agar kedepannya dalam pembuatan dokumen yang menjadi syarat penting penilaian jangan sampai terjadi kesalahan lagi. Karena masih banyak ditemukan kesalahan dalam penyusunan dokumen atau mengcopy tulisan yang sudah pernah ditulis oleh perguruan tinggi lain atau sebelumnya (plagiat).   

“Sebenarnya sudah banyak dokumen-dokumen yang masuk dari PTS di Kalimantan sebagai syarat untuk menaikkan akreditasi tersebut, tetapi sayangnya masih ada beberapa yang belum tertata dengan rapi dan kurang menarasikan dengan baik. Maka dari itu dengan diadakannya acara ini kami dari kopertis mengajak secara langsung atau tidak langsung para pimpinan di perguruan tinggi untuk menyiapkan bahan yang menggambarkan bahwa semua itu dilakukan secara real atau nyata yang dikemas dalam bentuk dokumen,” tutup koordinator kopertis wilayah XI itu.

 

Sumber : DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*