Diperingati setiap tanggal 10 November, Inilah 3 Makna Sederhana Hari Pahlawan

Tangerang, aptisi.or.id – Peringatan Hari Pahlawan merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Setiap tanggal 10 November, sudah menjadi keharusan bagi masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Pahlawan, untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan negara Indonesia. Lalu, apa saja makna yang terdapat dalam peringatan Hari Pahlawan? Simak penjelasannya dibawah ini

1.Menanamkan sifat kepemimpinan

Biasanya, peringatan Hari Pahlawan akan diadakan upacara bendera. Kegiatan upacara bendera, selain diperingati ternyata juga mampu menanamkan jiwa kepemimpinan dalam diri dan menghindari hal-hal negatif. Hal ini tentunya akan membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa mawas diri.

2. Menghargai Jasa Pahlawan

Tentunya, hari Pahlawan diperingati dengan tujuan untuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang telah gugur dalam perjuangan membela negara Indonesia. Sebagai generasi penerus, kita wajib untuk selalu memberikan dan mencontoh nilai-nilai positif dalam diri Pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

3. Toleransi antara sesama manusia

Salah satu contoh sederhana dalam toleransi adalah menghargai jasa guru dan orang tua. Seperti yang kita ketahui, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka telah berjasa mendidik kita dari yang tidak tahu menjadi tahu. Semua itu diawali oleh keluarga, terutama ibu yang merupakan madrasah pertama bagi anak-anak bangsa Indonesia.

Nah, itulah beberapa makna sederhana Hari Pahlawan. Semoga kita dapat mencontoh dan menghargai jasa para Pahlawan. Selain itu, semoga kita dapat menerapkan makna hari Pahlawan ini dalam setiap langkah kita ya.


hit counter

About Kartika Trissanti 27 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*