Selamat Hari Buruh 1 Mei 2020

Tangerang, aptisi.or.id – Tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day. Ini merupakan hari dimana para pekerja buruh menyuarakan haknya. Sedikit menoleh kebelakang, menurut sejarah pada saat itu tanggal 1 Mei 1886 ada sekitar 350 ribu buruh melakukan aksi mogok massal di beberapa wilayah di Amerika Serikat (AS). Mereka diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika. Kaum pekerja menuntut perbaikan kesejahteraan dan jam kerja 8 jam sehari. Pada saat itu, buruh dipaksa bekerja hingga 15 jam sehari.

Singkatnya, aksi yang diikuti puluhan ribu buruh ini awalnya berjalan damai. Namun tiba-tiba sebuah bom meledak ditengah-tengah mereka. Dan tidak diketahui siapa yang menjadi tersangka. Seorang polisi tewas dan belasan terluka. Polisi membalas dengan menembaki para buruh.

Karena kejadian ini, pimpinan buruh dijatuhi hukuman gantung. Masyarakat marah atas hasil pengadilan. Mereka mendesak pemerintah untuk membebaskan para aktivis buruh yang ditahan. Aktivis buruh pun dibebaskan.

Barulah pada tahun 1889, tanggal 1 Mei ini dipilih oleh kongres sosialis dunia sebagai Hari Buruh Sedunia. Resolusi merayakan 1 Mei sebagai hari pekerja internasional ini mendapat sambutan hangat oleh seluruh negara. Dari sinilah awal mula perayaan 1 Mei sebagai hari pekerja yang juga disebut sebagai May Day yang diperingati oleh seluruh kaum pekerja di dunia.

Di Indonesia, Hari buruh ditetapkan pada tanggal 1 Mei dan selalu dirayakan oleh parah buruh yang melakukan unjuk rasa diberbagai kota di Indonesia. Pada masa itu, tepatnya pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, beliau menjadikan setiap tanggal 1 Mei adalah Hari Libur Nasional sebagai hadiah bagi para buruh di Indonesia, yang mulai berlaku sejak tahun 2014.


best free website hit counter

About Kartika Trissanti 62 Articles
A Head Full of Dreams

2 Comments Posted

  1. This is the right blog for anyone who wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I actually would want…HaHa). You definitely put a new spin on a topic thats been written about for years. Great stuff, just great!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*