Sambut Bulan Ramadhan 1441 H, Berikut Hal-Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Walau #DirumahAja

Tangerang, aptisi.or.id – Tanggal 1 Ramadhan tepatnya di Hari Jum’at tanggal 24 April 2020, bulan Ramadhan akan datang. Tentunya ini menjadi sebuah kegembiraan bagi umat muslim di seluruh dunia. Namun, bulan Ramadhan tahun ini akan terasa sangat berbeda karena Pandemi Corona masih terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), serta banyak komunitas dan tokoh Islam lainnya telah menghimbau agar seluruh kegiatan di Bulan Ramadhan dapat dilaksanakan di rumah masing-masing. Termasuk kebijakan untuk beribadah seperti Shalat Tarawih yang ditiadakan di Masjid atau Mushalla.

Karena saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia tengah menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), berikut ini tips yang bisa dilakukan.

1. Sediakan tempat untuk beribadah

Sesuai dengan imbauan dari pemerintah pusat untuk sementara waktu tidak berkumpul dalam satu tempat tertentu, maka ibadah shalat tarawih dapat dilaksanakan secara berjamaah di rumah masing-masing dengan anggota keluarga. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat ibadah agar nyaman untuk digunakan.

2. Membuat Catatan Kegiatan

Jika biasanya di bulan Ramadhan kamu bisa berkumpul di Masjid atau Mushalla untuk bertadarus Al Qur’an secara bersama-sama, namun kali ini kegiatan tersebut bisa dilaksanakan meskipun dilakukan di rumah. Kalian bisa menggunakan aplikasi tadarus di gadget masing-masing. Dengan begitu, kegiatan keagamaan tetap dapat dilaksanakan.

3. Alternatif Berbagi Takjil

Di bulan Ramadhan, biasanya identik dengan berbagi takjil. Baik itu kepada tetangga, masjid/mushalla, atau sebuah yayasan panti asuhan yang biasanya berkumpul dan melakukan kontak fisik, Namun jangan khawatir, kegiatan tersebut masih bisa dilakukan dari rumah demi mencegahnya penyebaran virus Covid-19. Yaitu dengan cara melalui aplikasi pemesanan makanan secara online pada gadget kalian, lalu dikirim ke alamat tujuan. Hal tersebut jauh lebih mudah dan kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu diluar rumah selagi pandemi ini belum berakhir.

4. Ngabuburit Online

Ngabuburit identik dengan kebiasaan di bulan Ramadhan. Itu dikarenakan, ngabuburit bisa membuat waktu menjadi tidak terasa saat kita melaksanakan ibadah puasa. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan selama masa karantina. Yaitu dengan cara menonton film kesukaan, menonton acara televisi atau kartun favorit, dan mendengarkan musik untuk menaikkan mood kita menjadi lebih baik dan juga semangat menunggu hingga waktu berbuka puasa tiba.

5. Silahturahmi

Agar tetap menjaga komunikasi dengan keluarga, teman atau kerabat yang jauh kita dapat memanfaatkan gadget atau handphone kita untuk melakukan silahturahmi secara online. Bisa dengan cara video call atau menelfon mereka yang jaraknya jauh ataupun dekat. Sehingga kita tidak perlu berkontak fisik secara langsung, untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Jangan jadikan masa Karantina sebagai beban, kita harus selalu bersyukur dengan keadaan apapun. Tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga tercinta. Agar ibadah puasa bisa tetap dilaksanakan dengan senang.

hit counter

About Kartika Trissanti 70 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*