Raden Ajeng Kartini, Inspirasi Sebagai Tokoh Emansipasi Wanita. Selamat Hari Kartini 21 April 2020

Tangerang, aptisi.or.id – Hari ini, Selasa 21 April 2020 bertepatan dengan Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini yang di masa lalu telah berjuang memerdekakan hak perempuan agar setara dengan laki-laki.

Oleh karena itu, Raden Ajeng Kartini disebut sebagai tokoh emansipasi wanita. Banyak cara yang dilakukan dalam memperingati Hari Kartini. Biasanya, para siswa sekolah TK-SD-SMP-SMA melaksanakan kegiatan fashion show dengan memakai pakaian khas daerah di Indonesia. Namun karena saat ini terhalang oleh Pandemi Corona, dan demi mendukung program pemerintah yaitu #DirumahAja. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan berbagi ucapan inspiratif dan kisah-kisah perjuangan yang menarik untuk dibagikan kepada orang-orang disekitar kita.

Raden Ajeng Kartini telah banyak menginispirasi bagi kaum wanita di Indonesia, yang saat ini banyak dari mereka yang masih mengalami krisis Hak Asasi Kemanusiaan. Meskipun pada kenyataannya tidaklah mudah bagi kita untuk mengubah itu semua, namun kita pasti bisa mengubahnya dengan dimulai dari kesadaran dari dalam diri masing-masing.

“Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya. kamulah yang membiarkannya datang. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, Tapi satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhklanmu adalah sikapmu sendiri. Jangan biarkan kegelapan kembali datang jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena. Karena kami yakin pengaruh pendidikan besar bagi para wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya menjadi ibu pendidikan manusia yang pertama-tama. Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti” – R.A Kartini

hit counter

About Kartika Trissanti 70 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*