Tips Belajar Online Agar Lebih Menyenangkan. Bisa Dicoba, Nih

aptisi.or.id, Tangerang – Kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan online sudah berlangsung selama lebih dari 8 bulan terhitung sejak pertengahan bulan Maret 2020. Tentunya hal ini sangat mengubah pola dan kebiasaan dari cara belajar itu sendiri. Biasanya dilakukan dengan cara tatap muka atau langsung, sekarang menjadi online atau pembelajaran jarak jauh.

Meskipun hal ini memiliki kelebihan, seperti dari segi waktu yang lebih fleksibel dan juga lebih praktis dilakukan dimanapun tetapi juga memiliki kekurangan. Banyak dari para siswa maupun mahasiswa merasakan dampak dari pembelajaran online ini. Kurangnya fasilitas yang memadai seperti koneksi Internet dan juga tidak semuanya memiliki perangkat selular yang mumpuni.

Selain pelajar, para guru dan dosen pun juga memiliki kendalanya sendiri. Seperti mereka dituntut harus bisa melek internet, dan selalu menyajikan metode pembelajaran yang interaktif supaya anak didik mereka tidak bosan.

Lalu, bagaimana tips supaya kegiatan belajar online menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan? Yuk, simak beberapa tips dibawah ini.

1. Buat rencana Belajar

Hal ini terlihat sepele, namun ini bisa menjadi penentu kapan kita belajar dengan nyaman. Karena, tidak di semua waktu kita memiliki mood yang baik. Contohnya, jika kita belajar sebelum makan tentunya menjadi tidak fokus. Alangkah baiknya dibuat rencana belajar yang baik. Meski tidak semua berjalan sesuai jadwal, namun setidaknya kamu sudah punya rencana belajar di hari itu atau untuk beberapa hari kedepan. Buatlah rencana belajar 3 hari sekali atau seminggu sekali.

2. Rajin Membuat Jadwal Kelas Online

Belajar online tidak lantas menjadikanmu untuk melupakan tanggung jawab. Sebaiknya catat setiap jadwal kelas online di notes, handphone atau laptop. Hal ini penting, karena guru atau dosen memiliki absensi untuk dilakukan selama kelas online.

3. Tepat Waktu Dalam Mengumpulkan Tugas

Saat ini yang diperlukan tidak hanya rajin dalam mengatur jadwal kelas, tetapi juga saat mengumpulkan tugas. Selesaikan tugas secara tepat waktu sesuai dengan instruksi guru atau dosen yang bersangkutan. Karena kegiatan belajar pertemuan tatap muka dikurangi, maka pengumpulan tugas menjadi komponen penting untuk penilaian.

4. Konsentrasi Dan Fokus Dalam Menyimak Materi Yang Disampaikan

Saat guru atau dosen sedang menyampaikan materi, fokuslah dalam menyimak setiap materi yang disampaikan. Karena jika tidak fokus, kamu bisa tertinggal materi di hari itu. Sehingga kamu perlu waktu lagi untuk menyimak materi itu. Daripada membuang waktu, yuk sisihkan sejenak waktu untuk fokus saat belajar online. Sehingga guru atau dosen akan sangat senang karena telah diapresiasi.

5. Catat Poin Materi Yang Penting

Dalam setiap pertemuan kelas online, pasti akan diberikan materi. Biasanya materi berjumlah banyak. Maka dari itu catatlah setiap poin penting yang ada pada materi itu. Sehingga kamu dengan lebih mudah mengingatnya. Catatlah dengan menggunakan pencatat digital atau tertulis.

6. Carilah Ruangan Yang Sepi Dan Nyaman

Ruangan yang nyaman juga mempengaruhi saat belajar online. Saat di rumah, pasti banyak aktifitas yang menjadi distraksi kamu dalam belajar. Sebaiknya pilih sudut ruangan yang membuatmu berkonsentrasi saat belajar.

7. Sediakan Cemilan Dan Makanan Ringan

Saat belajar, kita membutuhkan asupan makanan supaya tetap konsentrasi. Tidak ada salahnya ketika belajar kita menyediakan makanan ringan. Namun sebaiknya, jangan makan ketika sedang guru atau dosen sedang menyampaikan materi. Karena hal tersebut tidak sopan dan juga akan mengganggu proses berlangsungnya kelas online. Sebaiknya, makanlah ketika guru atau dosen sedang tidak menjelaskan materi.

8. Dengarkan Musik Untuk Meningkatkan Mood

Mendengarkan musik saat belajar juga membantumu dalam meningkatkan suasana hatimu, loh. Pilihlah jenis musik klasik dan pop untuk membuatmu rileks. Sebaiknya, dengarkan musik ketika guru atau dosen sedang tidak menyampaikan materi.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama kelas online. Kalau dilakukan secara teratur dan dijadikan rutinitas, maka belajar akan lebih menyenangkan. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan, ya! ūüôā

About Kartika Trissanti 86 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*