Susahnya Menjadi Mahasiswa Yang Produktif Di Saat Pandemi Covid 19. Siapa Bilang? Begini Tipsnya

aptisi.or.id, Tangerang – Menjadi seorang Mahasiswa tidaklah mudah. Selain dituntut harus menjaga nilai akademik tetap konsisten juga diupayakan untuk bisa menjadi Mahasiwa yang aktif dan produktif. Karena masa kuliah sangat berharga dan tidak dapat terulang kembali.

Apalagi ditengah kondisi Pandemi Covid 19 saat ini, hampir seluruh kegiatan baik akademik maupun non akademik menjadi terhambat. Karena hampir semua Perguruan Tinggi dan Sekolah Kedinasan menutup kegiatan belajar tatap muka di kampus. Sehingga semua kegiatan harus dilaksanakan secara online dari tempat masing-masing.

Namun ada berbagai cara untuk tetap produktif ditengah kondisi seperti ini. Nah, berikut ini adalah tips untuk menjadi Mahasiswa yang produktif disaat Pandemi Covid 19.

1. Mengatur waktu pengerjaan tugas

Sebelum mengerjakan tugas, sebaiknya mengatur waktu dan jadwal pengerjaan tugas. Karena selain dapat mengontrol kegiatanmu, juga supaya tidak bentrok dengan kegiatanmu yang lain. Utamakan tugas yang mudah dikerjakan terlebih dahulu agar cepat selesai.

2. Banyak membaca Buku

Membaca buku adalah pilihan yang sangat tepat disaat pandemi seperti ini. Karena dapat mengasah kemampuan otak, menurunkan stres dan meningkatkan kreatifitas.
Pilihlah buku yang kamu suka. Kamu bisa membaca novel, biografi, buku sejarah, atau buku motivasi. Bahkan kamu juga bisa membaca buku memasak. Selain kreatifitasmu meningkat, keterampilan memasakmu juga akan terasah.

3. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika kamu ingin menambah daftar pengalaman pada portofolio dan CV mu, kamu bisa melakukan kesempatan mencari pekerjaan magang. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.
Misalnya kamu suka menulis, maka kamu dapat mencari pekerjaan sampingan seperti copywriter atau penulis lepas. Saat ini sudah banyak paltform yang dapat menampung hasil karya tulisanmu. Selain itu, jika kamu mempunyai kemampuan marketing. Maka kamu dapat membuka usaha UMKM dan bisnis online untuk mengembangkan potensi marketingmu.

4. Update CV dan Portofolio

Nah, jika kamu sudah memiliki pekerjaan sampingan atau kegiatan yang lain. Kamu bisa meletakkannya pada portofilio atau CV mu. Buatlah dengan semenarik mungkin agar dilirik oleh perusahaan atau calon klien di masa depan. Tambahkan juga beberapa testimoni dan ulasan terkait hasil pekerjaanmu.

5. Mengikuti Seminar dan Workshop Secara Daring

Saat ini seminar daring atau webinar menjadi populer pasca merebaknya virus corona secara global. Berbagai komunitas dan perusahaan pun berupaya untuk menghadirkan webinar dengan berbagai topik, mulai dari finansial, pengembangan diri, politik, hingga kesehatan.
Dengan mengikuti webinar, maka kamu sudah sangat menghemat biaya, tenaga, dan waktu. Selain itu, kamu juga dapat memiliki kesempatan untuk bertemu dengan relasi baru dan narasumber yang kompeten.

6. Mengasah Bakat dan Kemampuan

Jika kamu mempunyai minat terhadap sesuatu, sebaiknya kamu perlu mengasahnya secara terus menerus. Saat pandemi seperti ini, tentu kita mempunya banyak waktu untuk mengasah bakat dan kemampuan kita. Tidak perlu jauh-jauh, memasak juga menjadi tren yang sedang diminati ditengah situasi saat ini.
Selain memasak, cobalah untuk mengasah kemampuan fotografi dan desain. Siapa tau suatu saat kamu akan berkembang dibidang tersebut. Dan kamu sudah mempunyai pengalaman.

7. Aktif Bergerak dan Melakukan Olahraga

Kegiatan yang super terbatas menjadi kesempatan bagimu untuk membuat tubuhmu bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga atau workout di rumah. Lakukanlah secara rutin minimal 30 menit dalam sehari untuk meregangkan otot dan persendianmu.
Karena dengan berolahraga, kamu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membuat tubuhmu menjadi sehat. Selain itu juga dapat membantu menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah.

Nah itu dia beberapa tips bagi kamu sebagai Mahasiswa agar tetap aktif selama legiatan di rumah aja. Karena sebentar lagi akan pergantian tahun, diharapkan semua keadaan sudah kembali normal. Meskipun belum 100% cobalah untuk tetap positif dan selalu menjaga kesehatan.

About Kartika Trissanti 96 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*