Bagi Kamu Mahasiswa Baru, Ada 7 Tips Masuk Kuliah Di Masa Pandemi. Simak, Yuk!

aptisi.or.id, Tangerang- Bagi kamu sebagai Mahasiswa baru tahun 2020, selamat ya karena sudah berjuang supaya bisa masuk ke Kampus pilihanmu. Kini saatnya untuk menikmati hasil dari usahamu. Tentunya, dunia perkuliahan dengan menyandang status sebagai Mahasiswa akan terasa berbeda dengan saat masih sekolah. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kamu harus beradaptasi  diri. Apalagi kamu juga harus menjalani perkuliahan secara daring. Sudah masuk Bulan November tahun 2020, dan sebagian besar Mahasiswa masih belajar secara daring di kediaman masing-masing.

Tentunya hal ini sangat membuatmu galau. Tapi, kamu ngga perlu sedih. Bagi kamu Mahasiswa baru yang baru merasakan dunia yang baru dalam belajar, ada beberapa tips supaya kamu bisa lebih semangat untuk menjalani kuliah secara efektif. Simak selengkapnya, yuk!

1. Persiapkan mental dan komitmen untuk menjalani perkuliahan daring

Dampak yang diakibatkan oleh pandemi virus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini untuk mengurangi angka pertambaham kasus positif di Indonesia.
Maka dari itu, hal terpenting bagi Mahasiswa baru adalah dengan mempersiapkan mental dan komitmen yang kuat untuk menjalani kuliah secara mandiri. Karena, tahun pertama perkuliahan merupakan pondasi terpenting untuk menunjang perkuliahanmu di tahun-tahun berikutnya.

2. Pastikan kelengkapan sarana untuk melakukan perkuliahan daring

Selain harus memiliki komitmen dan mental yang kuat. Kamu juga diharuskan untuk mempersiapkan semua kelengkapan sarana belajar.
Saat ini beberapa kampus menggunakan sarana video call seperti menggunakan Zoom, Google Meet, Skype, atau Whatsapp. Biasanya dosen juga memanfaatkan Google Clasroom untuk membuat room kelas supaya pengumpulan tugas lebih mudah.
Bahkan beberala kampus juga telah mempunyai website resmi untuk memudahkan Mahasiswa dalam menjalani perkuliahan online. Jadi, jangan lupa untuk mencari tahu sistem perkuliahan di kampusmu.

3. Buatlah catatan jadwal Kuliah

Sebagai Mahasiswa Baru, kegiatan akademik di tahun pertama merupakan hal yang penting. Supaya waktu bisa lebih efektif, sebaiknya kamu menyusun dan mencatat jadwal kuliah yang akan kamu ikuti. Karena ini juga akan mempengaruhi jadwal di semester-semester berikutnya.

4. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Setelah beberapa bulan menjalani perkuliahan secara online, tentunya hak ini sudah membuatmu terbiasa. Namun, perkuliahan online dan tatap muka tentunya sangat berbeda. Maka dari itu, kamu perlu menciptakan suasana belajar yang nyaman. Pilihlah lokasi yang tenang dan nyaman untuk membantu konsentrasi lebih baik. Hindari area yang membuatmu menjadi terdistraksi saat belajar. Persiapkan juga alat tulis pendukung untuk belajar.

5. Segera mengerjakan tugas yang telah diberikan

Salah satu cara dosen untum mengambil nilai Mahasiswa adalah dengan memberikan tugas. Dan tugas tersebut biasanya berjumlah sangat banyak, atau sedikit tapi sering. Nah, biar tidak kewalahan sebaiknya kamu harus segera mengerjakan tugas setelah diberikan. Selain itu, kamu menjadi punya waktu yang tersisa untuk mengerjakan hal lain. Dengan tidak menunda pekerjaan, kamu akan belajar menjadi seorang yang bertanggung jawab terhadap waktu.

6. Manajemen waktu yang baik

Banyaknya tugas dan materi yang diberikan oleh dosen, membuat kita terpaksa harus menatap layar Laptop dan smartphone dalam waktu yang lama. Akibatnya, mata sering menjadi cepat lelah dan kering. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan melakukan pijatan ringan pada kelopak mata, dan mengompres kelopak mata dengan air hangat.
Kemudian, aturlah waktu dan kegiatan selama perkuliahan. Kamu bisa menggunakan reminder pada smartphone atau membuat catatan kecil. Sehingga kamu bisa membagi waktu untuk belajar dan bermain.

7. Tetap menjaga kesehatan fisik dan mental

Berdiam diri di rumah untuk waktu yang lama selama lebih dari 8 bulan ini tentu rentan membuat stres dan jenuh. Tidak ada salahnya untuk memberi hiburan pada dirimu, loh. Berikan hiburan yang dapat membangkitkan semangat belajar dan membuat badan serta pikiran menjadi segar.
Selain itu, jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga atau workout selama minimal 30 menit dalam sehari untuk membuat badanmu tetap fit dan bugar. Pastikan juga meminum vitamin dan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan di masa Pandemi. Fisik dan mental yang sehat, tentu membantu proses belajar menjadi lebih baik.

Itu dia beberapa tips bagi Mahasiswa baru untuk menjalani perkulihan secara daring. Tetap semangat belajar dan selalu jaga kesehatan, ya! ūüôā

About Kartika Trissanti 96 Articles
A Head Full of Dreams

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*