Resminya Pergantian Nama Fakultas Kedokteran – UGM

aptisiorid.wpengine.com, Tangerang – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), telah resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan.

Pergantian nama tersebut sudah menjadi keputusan yang disepakati bersama pada sidang pleno di Fakultas (FK) UGM pada bulan Oktober 2017 lalu. Hal ini diperkuat dengan persetujuan hukum dari Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) UGM No.3 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan MWA No.4/SK/MWA/2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola UGM pada November 2017.

Dekan FKKMK UGM, Prof.dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., SpOG(K)., mengatakan perubahan nama tersebut dilatarbelakangi adanya perkembangan ilmu yang semakin maju. Perubahan nama dilakukan sebagai cerminan multidisiplin dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK).

“Pergantian nama ini untuk mewadahi semua sivitas di FKKMK,” katanya, Senin (5/3) dalam konferensi pers di kampus setempat.

Ketua Senat FKKMK, Prof.dr. Mohammad Juffrie,Ph.D., Sp.A(K)., menyampaikan perubahan nama ini menjadi momentum penting dalam rencana strategis FKKMK. Terlebih dengan perkembangan ilmu di FK UGM yang berlangsung cukup dinamis.

FKKMK merupakan Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yang berdiri pada 5 Maret 1946. Didirikan melalui proses panjang dan tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Hingga saat ini, FKKMK memiliki 32 departemen dan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai wilayah nusantara dan penjuru dunia. 

“Pada awalnya merupakan Ilmu Kedokteran dan disusul masuknya Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, dan Keperawatan sehingga pergantian nama ini untuk mengakomodasi seluruh kegiatan akademik di dalamnya,” tuturnya.

Menurutnya, perubahan nama ini tidaklah mudah dan melalui proses yang cukup panjang selama 10 tahun. Hingga pada akhirnya mencapai titik temu yang disepakati pergantian nama FK menjadi FKKMK pada bulan Oktober 2017.

 

Sumber : DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*